10 Cara Melindungi Blog Anda dari Copy Paste

Cara agar blog tidak copy paste. Jika anda adalah seorang blogger yang gemar menulis, maka salah satu musuh terbesar bagi anda adalah seorang copy paste master. Mereka ini bisa dikategorikan sebagai pencuri konten. Mereka tidak capek-capek menulis artikel dan kadang bahkan mereka tidak mencantumkan kredit kepada blog kita sebagai penulis original suatu artikel. Itulah fakta dunia blogging. Tidak fair sih, tapi itulah kenyataannya.


Lalu bagaimana cara agar blog tidak bisa copy paste oleh orang lain?

Sebenarnya tidak ada cara yang 100% murni dapat mencegah perilaku pencurian konten, karena akan selalu ada celah dan cara untuk mencuri konten dari blog anda. Namun paling tidak anda dapat mempersulit mereka untuk copy paste artikel blog anda.

Artikel Rekomendasi:
5 Rahasia Menulis Popular Posts
Cara Menulis Artikel yang Dicintai Visitor dan Google
6 Blogger Indonesia Terbaik versi
90 Cara Mendapatkan Backlink Gratis
Begini 45 Cara Menambah Followers dengan Cepat 

Inilah beberapa cara yang saya lakukan untuk melindungi artikel dan konten blog dari ahli copas.

Google Alerts

Google Alerts adalah sebuah layanan email yang fungsinya adalah anda memberitahu Google untuk mengingatkan anda bila konten atau kata kunci atau frase yang ditulis di blog anda dipublish di blog lain. 

Gunakan situs pengecek plagiarisme

Ada banyak layanan untuk mengecek plagiarisme online. Masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri.
  • Grammarily
  • Plagium
  • Copyscape


Wordpress SEO by Yoast

Plugin SEO bikinan blogger master Yoast ini juga memiliki fitur untuk melindungi konten anda dari kegiatan copy paste. Plugin ini mempunyai fitur yang membolehkan anda untuk menambahkan beberapa kode ke RSS Feed anda sehingga apabila postingan tersebut direpost ditempat lain, kemudian plugin tersebut akan mengirimkan sebuah backlink kepada website anda.


Beberapa blog menggunakan software scraper untuk secara otomatis menerbitkan konten dari seluruh Web. Tidak ada manusia melihat posting ini. Jika blog Anda termasuk di antara URL ditambahkan ke script scraper, maka Anda setidaknya akan mendapatkan link back.

Tynt

Tnyt adalah sebuah service yang menyediakan kode untuk anda yang dapat anda masukkan ke halaman website / blog anda. Tynt juga akan memberitahu anda berapa kali konten anda telah di copas oleh orang lain. ketika seseorang copy paste blog anda, maka Tnyt akan memberikan link back ke situs anda.

Google Authorship

Google Authorship adalah strategi pemasaran konten yang mengaitkan nama atau brand anda dalam hasil pencarian Google. Dengan memasang Google Authorship anda meningkatkan brand awareness dan orang akan langsung tahu siapa pemilik konten asli dari sebuah artikel, terlebih jika brand atau anda sudah terkenal.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika mendapati artikel yang sudah kita buat dengan susah payah di copy paste oleh orang lain?

Pertama, tanya diri anda apakah orang tersebut mendapatkan profit dengan mempublish ulang artikel anda. Jika iya, maka anda harus mendengungkan bendera perang pada mereka.

Kedua, tanya pada diri anda apakah nama / reputasi anda akan rusak bila seseorang mencuri artikel anda. 

Ketiga, tanyakan diri anda apakah setimpal hasil tulisan dan pemikiran anda untuk menuangkan tulisan dicopas oleh orang lain. Bila tidak tindaklanjuti segera.

Cara pertama bila konten blog anda dicopas oleh orang lain adalah anda meminta mereka untuk menghapus artikel buatan anda tersebut. Namun bila mereka tidak mau, mintalah mereka untuk memberi kredit atau backlink kepada website anda.

Namun jika mereka tidak mau dan tidak merespon permintaan anda. Maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan.

WhoIsHostingThis.com
Anda harus menemukan siapa orang dibalik pencurian konten blog anda. Itulah fungsi situs Who Is Hosting This. Ketika anda sudah tahu siapa dibalik website tersebut, maka anda bisa mengirimkan DMCA request kepada perusahaan hosting tempat website pencuri itu dihosting agar website mereka dbikin down.

Hapus konten dari Google

Bila anda ingin menghapus index konten blog yang sudah mencuri artikel anda, maka anda harus mengirimkan file untuk request DMCA ke Google. 

Cara terakhir untuk menghindari copas adalah Cretive Commons

Lisensi Creative Commons menjadi lebih diterima dan lebih populer. Jika orang-orang tahu bahwa Anda tidak keberatan mereka menggunakan konten Anda untuk tujuan baik hati, mereka lebih cenderung untuk menghormati hak Anda dengan konten dan hak-hak istimewanya.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut seputar Creative Commons di website resmi mereka. 

Semoga 10 cara melindungi blog dari copy paste ini dapat bermanfaat. Blog copas memang susah dibasmi tapi paling tidak kita sudah berusaha menyulitkan mereka. 

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.